Friday, October 19, 2012

Kategori Lisensi Software

Ada beragam software yang bisa didapatkan baik dengan cara dicopy dari media storage maupun ddengan cara di-download dari internet. Kali ini Juragan Sinyal akan mengulas secara singkat kategori software dari sisi lisensi yang sedikit banyak berhubungan dengan kekayaan hak intelektual.

Software Berbayar (License)
Software berbayar adalah aplikasi yang dalam penggunaannya user harus membayar lisensi terlebih dahulu. Biasanya lisensi ini berupa serial number yang bisa didapatkan dengan menghubungi pihak pembuat aplikasi melalui email atau telepon. Lisensi yang disediakan bisa berbeda-beda menyesuaikan dengan tingkat kebutuhan user. Ada beragam pilihan lisensi yang bisa mengatur pembatasan jumlah pengguna, atau membatasi ragam fitur yang dimiliki aplikasi terebut. Ada pula lisensi yang mengatur waktu penggunaan dimana setelah pemakaian aplikasi dalam kurun waktu tertentu, lisensi yang sudah dibayar akan expired dan mengharuskan user untuk membeli lisensi yang baru.


Open Source
Distribusi software open source dilakukan dengan menyertakan source code kepada masyarakat umum, sehingga software tersebut bisa dirubah atau ditingkatkan fungsinya oleh user atau komunitas lain. Seringkali modifikasi diijinkan dengan syarat tetap menuliskan nama developer awal dalam script source code yang telah dimodifikasi atau dengan syarat lainnya. Biasanya open source digunakan untuk keperluan ujicoba, pendidikan atau distribusi dengan tujuan lain.

Free software
Free Software (freeware) adalah software yang untuk menggunakannya user tidak diharuskan membayar. Pemakaiannya gratis ditinjau dari jumlah pengguna aplikasi, fungsi-fungsi prosedur yang ditawarkan atau dilihat dari sisi lamanya waktu penggunaan. Jadi aplikasi Freeware adalah aplikasi yang dapat didownload secara gratis, digunakan dalam jumlah tak terbatas dan bisa digunakan setiap saat tanpa batasan waktu. Namun terkadang ada batasan-batasan yang disyaratkan oleh pengembang aplikasi freeware, yaitu tidak boleh digunakan dalam tujuan komersial dan tidak diperkenankan untuk memodifikasi software tersebut.


Shareware
Shareware adalah aplikasi yang bisa diperoleh secara gratis tetapi dalam pemakaiannya biasanya akan dibatasi dalam waktu tertentu. Karena sifatnya yang bisa digunakan semntara maka banyak yang menyebut shareware dengan sebutan software trial. Setelah melewati batasan waktu tertentu maka aplikasi shareware tidak bisa digunakan lagi dan apabila ingin menggunakan aplikasi serupa user harus melakukan pembelian software yang tidak memiliki batasan waktu (full version).

FOSS
Free software yang disertai  source code

Dari beberapa kategori diatas bisa dikembangkan menjadi beberapa aplikasi yang karakter distribusinya menjadi bermacam-macam kategori lagi. Ada pertanyaan? :-)

No comments:

Post a Comment