Monday, April 30, 2012

Spyshoot Galaxy S III Membangkitkan Momentum?

Apa kabar gadgetmania, sudah mendengar isu Samsung akan mengeluarkan handset Android terbarunya? Pasti sudah pada tahu donk mengenai rencana tersebut. Iya betul handset yang digadang-gadang bernama Galaxy S III tersebut akhir-akhir ini menjadi isu yang semakin hangat & menarik untuk diikuti.
  
Beragam informasi sepotong demi sepotong seakan menjadi 'bukti' bahwa informasi tersebut semakin mendekati kenyataan. Gambar demi gambar model dari Galaxy S III yang 'bocor' di internet membuat gonjang-ganjing di forum dunia gadget. Terlihat Samsung seakan menjajaki pasarnya dengan melepas beberapa 'potongan puzzle'. Mulai gambar tampilan Samsung S III dalam bentuk foto resolusi rendah, undangan acara launching, sampai gambar model Galaxy S III yang terpampang di website Samsung Kies.
Spyshoot pertama adalah foto resolusi rendah yang menampilkan kondisi secara utuh, berbeda dengan bocoran gambar sebelumnya yang hanya menunjukkan per bagian tidak lengkap. Kalau dilihat modelnya dimensinya masih seperti Galaxy II namun dengan sudut siku-sikunya lebih melengkung dan disinyalir lebih slim. Posisi tombol juga masih sama dengan seri pendahulunya: up-down volume di sebelah kiri, tombol menu, home & back di sisi bawah.





Samsung S III invitation
Clue berikutnya adalah beredarnya sebuah gambar  yang indentik sebagai undangan. Tidak jelas dari mana asal muasal gambar ini muncul, tetapi kedatangannya sempat mengingatkan akan beredarnya gambar undangan sesaat sebelum peluncuran ponsel android Samsung  Galaxy S II tahun silam. Mengapa identik dengan undangan? Karena pada gambar tersebut terdapat nama perusahaan, tanggal dan kota bertempat di London. Juga terdapat potongan handset candy bar yang disinyalir adalah potongan dari Samsung Galaxy S III karena juga terdapat tulisan Galaxy S III pada gambar tersebut.

Gosip semakin menguat & mendekati pasti ketika type handset Samsung Galaxy S III muncul di Samsung Kies. Disengaja atau tidak hal ini menunjukkan bahwa Samsung sudah mempunyai persiapan matang sampai aplikasi untuk Galaxy S III dengan kode (GT-I9300T & GT-I9300) sudah diupload Samsung App, disinyalir salah satunya merupakan varian untuk jaringan CDMA :-)






Tambah gak kuat lagi begitu ada bocoran mengenai spesifikasi teknis Galaxy S III!!! Membuat gadget mania semakin galau & gemes pingin memegang aja begitu tahu penampakannya plus spesifikasi teknisnya.

Beberapa gambar di atas sudah menjadi pembicaraan hangat di forum-forum internet. Efeknya apa dengan munculnya gambar tersebut? Efek bagi pengguna gadget adalah rasa penasaran mereka menjadi tinggi terhadap Galaxy S III. Bagi Samsung pun seharusnya ada sisi positif dari kejadian ini, entah munculnya gambar karena disengaja maupun karena benar-benar kecolongan tapi hal itu sudah menarik perhatian dari beberapa calon pelanggan. Kalau calon pelanggan terutama kategori innovator sudah menanti dengan rasa penasaran, kepincut ama desain yang tampil dari spyshoot pasti mereka akan mencari tahu competitive advantage dari produk tersebut. Dalam kondisi kompetisi pemasaran yang semakin ketat, hal itu jelas menguntungkan Samsung karena apabila pelanggan innovator sudah mempunyai mindset yang kuat akan Galaxy S III tentunya saat produk ini keluar pelanggan innovator akan cepat paham begitu mencoba pertama kali karena typical pelanggan innovator yang aktif mencari informasi dan siap dengan resiko. Biasanya apabila pelanggan innovator puas akan performa sebuah produk maka pembelian produk akan segera diikuti oleh pelanggan kategori early adopter / visioner. Berikutnya tentunya akan berferek domino terhadap pelanggan pragmatis & pelanggan konservatif. Orang yang tadinya berniat membelanjakan dananya untuk handset pasti akan berpikir untuk menunda kebutuhannya sampai Galaxy S III diluncurkan.


Daftar Pencarian Di Internet Meningkat
Bagaimana juragan sinyal yakin akan hal itu? Coba saja dilihat dari hasil pencarian dengan kata kunci "Galaxy S III" akan terlihat grafik pencarian yang meningkat tajam sejak munculnya berita Galaxy S III. Sejak bulan Desember sampai April grafik pencarian dengan kata kunci di google melonjak tajam. Grafik tersebut menunjukkan euforia antusias calon pelanggan yang menunggu kehadiran Galaxy S III.
 
Tidak hanya spyshoot produk saja yang mempunyai andil meningkatnya pencarian dengan kata kunci "Galaxy S III". Beredarnya berita adanya aksi protes di Apple Store Australia juga dikabarkan dikaitkan dengan rencana launching Galaxy S III ini. Bentuk protes tersebut adalah dengan mendatangi Apple Store dan aksi demonstran meneriakkan yel-yel sambil membawa papan bertuliskan WAKE UP yang ditujukan kepada pelanggan Apple yang berada di dalam toko. Tidak ada aksi kasar atau anarkhis dalam protes tersebut. Namun belakangan pihak Samsung menyangkal berada dibalik aksi protes tersebut. Setidaknya dari kejadian tersebut ada keuntungan dari sisi marketing yang didapat Samsung dimana gaung Galaxy S III semakin menggema karena sebelumnya banyak media mengira aksi itu merupakan semacam creative marketing pre launching produk baru dari Samsung.
Momentum yang ada saat ini yang harus dimanfaatkan oleh Samsung untuk segera melaunching Galaxy S III agar hasilnya bisa maksimal. Kalau launchingnya kelamaan bisa-bisa momentum tersebut memudar dan menguap begitu saja, tentu saja akan butuh effort besar untuk membangun mindset pelanggan yang saat ini sudah tercipta di benak calon pemilik Galaxy S III :)

Menurut anda kapan waktu yang tepat untuk peluncurannya? Silahkan tulis pendapat anda di kolom komentar :)



No comments:

Post a Comment